Macam Macam Bentuk Energi

Komputerizam kali ini akan berbagi tentang macam macam energi....mungkinn kalian sudah sering membahasnya...di sini saya akan mengulang nya saja.Energi memiliki berbagai bentuk selain yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari yang biasa sudah jadi kebutuhan publik yaitu bahan bakar yang asalnya dari fosil baik itu BBM (bahan bakar Minyak ) atau Batu bara.  Sebelum ditemukannya bahwa materi bisa menjadi energi dalam Fisika modern bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lain kali ini blogger akan membahas beberapa Bentuk energi alternatif selain fosil. atau macam macam bentuk energi


Macam-macam bentuk energi tersebut terbiasa kita gunakan atau kita pakai dam kehidupan sehari-hari
baik dalam teknologi modern atau teknologi sederhana. Maksudnya dari bentuk energi tersebut bisa juga kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah  sepuluh Bentuk energi alternatif selain fosil :
  1.  Energi Kinetik, adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak seperti sepeda, mobil motor energi ini bisa digunakan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator sehingga disimpan dalam sel akumulator.
  2. Energi listrik, bentuk energi ini adalah bentuk dari energi yang paling praktis digunakan karena mudah dalam transfer atau perpindahan. Hampir semua sisi kehidupan membutuhkan energilistrik. Teknologi elektronik, Komputer alat rumah tangga, telekomunikasi semua membutuhkan listrik.   Sekarang untuk keperluan memasak pun sudah mulai beralih dari energi fosil, dan gas alam ke energi listrik.  
  3. Energi potensial, adalah energi yang tersimpan karena posisi sebuah benda atau energi yang dimiliki karena kedudukan sebuah benda contoh misalnya air yang tersimpan di sebuah bendungan memiliki energi potensial yang sangat besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk memutar turbin yang akan menggerakkan generator untuk transfer energi dari potensial ke bentuk energi Listrik. Contoh lain energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh sebuah pegas yang ditarik atau diregangkan, contoh lain adalah energi potensial yang dimiliki oleh busur panah yang sedang ditarik bisa meluncurkan mata panah yang sangat cepat.
  4. Energi cahaya, Matahari sebagai sumber energi dengan panas yang dipancarkan secara radiasi sampai ke bumi adalah sumber energi untuk kehidupan yang dipakai oleh tanaman berchlororofil untuk mengubah zat hara tanah menjadi sumber makanan. Pada akhirnya menjadi sumber makanan pula buat hewan dan Manusia. Dengan teknologi cahaya sebagai bentuk energi sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi energi listrik, dengan alat yang dinamakan solar cel.
  5. Energi angin, angin sebagai sumber energi di manfaatkan untuk memutar turbin,  turbin yang ditempatkan di daerah-daerah yang hembusan angin  stabil. Negara yang banyak memanfaatkan energi angin untuk diubah menjadi energi listrik adalah Belanda.
  6. Energi Gelombang, energi ini dimanfaatkan di dunia pariwisata untuk berselancar tetapi harus dipilih karakteristik gelombang besar yang tidak mudah pecah misalnya Hawai, Tasmania, Bali, Nias serta Batu Karas. Sekarang Energi gelombang laut digunakan untuk memutar turbin dalam sebuah pembangkit listrik.
  7. Energi Nuklir, adalah salah satu energi alternatif penghasil panas dalam sebuah reaktor yang menghasilkan tenaga listrik jutaan Volt. Kebutuhan akan energi listrik yang sangat besar,  maka menuntut negara-negara Industri besar untuk menggunakan teknologi nuklir seperti Amerika, Jepang dan Prancis.
  8. Energi Nabati, energi yang berasal dari makhluk hidup atau tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu namun baru sekarang di buat dengan teknologi misalnya minyak jarak untuk pengganti solar, atau minyak sawit sebagai campuran solar. Sekarang minyak jelantah dari limbah rumah makan sudah bisa sebagai bahan bakar bus. Contoh bus Trans Pakuan di kota Bogor. Negara yang sudah banyak memanfaatkan bahan bakar nabati terbesar adalah Brazil.  Kabarnya 40 % kebutuhan energi Nasional dipenuhi oleh minyak nabati. Barazil sebagai penghasil kapas terbesar kedua setelah China memanfaatkan minyak biji kapas yang diambil minyaknya untuk bahan bakar.
  9. Gas methan dari kotoran dan sampah, gas ini berasal dari kotoran hewan yang difermentasi sehingga menghasilkan gas methan yang berfungsi sama dengan gas elpiji sebagai bahan bakar untuk memasak. Teknologi ini sudah biasa dipakai  serta dianjurkan karena ramah lingkungan di daerah peternakan sapi dengan kotoran sapi sebagai bahan baku utamanya.
  10. Tenaga panas bumi, tenaga panas bumi  yang berasal dari aktivitas vulkanologi sekarang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, sangat bagus karena tanpa polusi atau ramah lingkungan. Negara yang banyak memanfatka teknologi ini adalah Newzealand dan Indonesia juga sebagai negara dengan gunung berapi yang banyak sekarang sudah memanfaatkan energi ini misalnya di Gunung Salak, Kamojang Kab Bandung, Gn Darajat kabupaten Garut
  11. Silahan anda tambahkan sendiri di kolom komentar
Demikian posting kali ini yang membahas  macam-macam bentuk energi  Selain energi fosil dan gas, dengan kebutuhan energi yang semakin meningkat semakin dibutuhkan inovasi baru karena energi fosil yang jumlahnya terbatas serta tidak bisa diperbaharui.

0 Responses to “Macam Macam Bentuk Energi”

Post a Comment

Recent Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
All Rights Reserved Komputerizam | Blogger Template by Bloggermint